Keutamaan Dzikir Dan Istighfar

Assalaamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh.


Pada kesempatan kali ini saya akan menshare artikel yang berjudul "Keutamaan Berdzikir Dan Istighfar"

Baiklah , langsung saja silahkan dibaca sahabat blogger semua.


Berdzikir ialah merupakan suatu amalan yang mengingatkan kita kepada allah swt dengan menyebut kalimat thoyyibah / kalimat yang baik.

Dengan berdzikir, seseorang akan merasakan ketentraman dan kedamaian dalam hatinya.

Orang yang enggan untuk berdzikir dia tidak akan mendapatkan cahaya yang bersinar dari dirinya, sehingga kegundahan dan kegelisahan menimpa hidupnya.

Kita sebagai manusia yang jauh dari sempurna , tentunya sering melakukan perbuatan dosa didalam kehidupan kita, oleh karenanya kita harus memperbanyak istighfar kepada allah swt.

Rasulullah bersabda didalam hadits : "sungguh beruntung seseorang yang kelak di kitab amalannya tercatat istighfar yang banyak sekali".

Mengapa orang yang mendapati didalam kitab amalannya terdapat istighfar yang banyak dia termasuk orang yang berun tung??

Kita ambil logika.
Jikalau kita ingin mencuci pakaian yang kotor , tentu saja kita membutuhkan sabun yang banyak agar pakaian yang kotor tersebut dapat hilang.

Begitupun dengan dosa , dia membutuhkan pembersih untuk menghapus kotoran-kotoran tersebut yakni dengan memperbanyak mengucapkan kalimat istighfar.

Para sahabat nabi muhammad saw mereka adalah orang yang paling gemar untuk beristighfar kepada allah swt, diantaranya sayyidinaa abu hurairah yang beristighfar kepada allah sebanyak 1000 X sebelum tidur.

Padahal sahabat nabi muhammad saw adalah orang yang sudah dijamin masuk surga ,akan tetapi mereka senantiasa memperbanyak istighfar dalam kehidupannya.

Maka dari itu , kita yang banyak dosa hendaknya selalu memperbanyak istighfar dalam kehidupan kita.

Nabi muhammad saw bersabda : "hendaknya engkau terus berdzikir kepada allah swt, sampai engkau meninggal dunia dalam keadaan lisanmu basah karna berdzikir".

Nabi muhammad saw juga bersabda :
"Dunia ini dilaknat oleh allah swt , kecuali dzikir, orang alim, dan orang yang menuntut ilmu".

Sungguh beruntung kita jika termasuk golongan orang yang sering berdzikir , karena tidak termasuk yang dilaknat oleh allah swt , akan tetapi allah swt akan menurunkan rahmatnya.


Lantas apa manfaat dari membaca istighfar?

1. Sebagai Turunnya Ampunan Dan Rahmat Dari Allah SWT

Kalimat istighfar yakni استغفر الله العظيم yang artinya aku memohon ampun kepada allah yang maha agung, Orang yang gemar beristighfar dia akan mendapatkan ampunan dari allah swt, dan jikalau dia sudah mendapatkan ampunan maka allah swt akan menurunkan rahmatnya kepada orang tersebut.

2. Pengangkat Derajat Seseorang

Dengan memperbanyak mengucapkan kalimat istighfar menjadi sebab terangkatnya derajat seseorang di akhirat kelak.

3. Dianugrahi Kesehatan

Seseorang yang senantiasa beristighfar , allah swt akan menganugrahkannya berupa kesehatan dan kekuatan dikarenakan seringnya dia memohon ampunan kepada allah swt.

4. Penyebab turunnya rezeki dari allah swt

Diantara salah satu asma'ul husna atau nama-nama allah yang baik , allah swt itu dikatakan Ar-Razzaq yang artinya maha pemberi rezeki. Dengan memperbanyak mengucapkan kalimat istighfar, allah swt akan melapangkan rezekinya untuk hambanya yang gemar beristighfar.

5. Pembersih Hati

Kita sebagai manusia yang tak luput dari dosa , sering melakukan perbuatan maksiat kepada allah swt , dan inilah yang menyebabkan hati kita terdapat noda hitam yang kotor.
Maka dari itu dengan memperbanyak istighfar dapat membersihkan hati yang kotor menjadi hati yang bersih dan bercahaya.

6. Penyebab Ditolaknya Turun Bencana

Boleh jadi ketika allah swt berkehendak untuk menurunkan adzab dan bencana di suatu negri, tetapi di dalam negri tersebut masih ada orang yang gemar beristighfar , maka allah swt angkat adzab dan bencana disebabkan orang yang gemar beristighfar tersebut.

7. Menghindarkan Diri Dari Kedzholiman

Ketika kita sering mengucapkan kalimat istighfar, maka kita dapat mengendalikan nafsu kita agar tidak melakukan perbuatan zholim dan maksiat. Oleh karnanya sering-seringlah untuk beristighfar.

8. Membuat Syaitan Putus Asa

Syaitan akan putus aja dan kelelahan untuk menggoda orang yang gemar beristighfar kepada allah swt, karena orang itu selalu memohon ampunan dari allah swt .

9. Menghikangkan Kesedihan Dan Kegundahan

Dengan seringnya seorang hamba beristighfar kepada allah swt , dia akan memperoleh kebahagiaan dan ketenangan dalam hidupnya. Allah swt akan menghikangkan rasa sedih dan sulit pada orang tersebut sehingga kebahagian bagi mereka .

10. Terhindar Dari Api Neraka

Sebagaimana istighfar memberikan manfaat di dunia kepada siapa saja yang banyak mengucapkannya, maka istighfar juga memberikan manfaat yang sangat besar di akhirat kelak, yakni dengan bebasnya ia dari siksa api neraka .

11. Mendapat Balasan Surga

Dan manfaat istighfar yang paling besar ialah perantara masuknya seseorang kedalam surga, dikarenakan ridhonya allah swt kepada hamba tersebut atas kegemarannya mengucapkan kalimat istighfar .


Mungkin itu saja yang bisa saya share pada artikel kali ini, Betapa besar dan banyaknya faedah yang bisa kita peroleh dari berdzikir dan seringnya mengucapkan kalimat istighfar , mudah-mudahan allah SWT menjadikan kita semua orang-orang yang senantiasa gemar berdzikir dan memperbanyak mengucapkan istighfar. Aamiin Yaa Rabbal 'Alamin


Wassalaamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

DMCA.com Protection Status

1 SHARE 1 KEBAIKAN, Bagikanlah!!

Baca Juga Yang Ini

Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

Adab dalam Berkomentar:

1. Mohon berkomentar dengan baik,sopan,santun dan secara wajar
2. Dilarang berkomentar tentang unsur /sara/promosi/ apapaun yang bertentangan dengan hukum yang berlaku
3. Dilarang menyertakan link aktif

Tidak berkomentar sama sekali itu masih lebih baik, daripada mengucapkan seribu kalimat sampah.

Ucapanmu, Kualitas Dirimu!

Terima Kasih