Terjemahan Kitab Safinatun-Najah (Bab AIR)

Assalaamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh.

Kalau pada sebelumnya saya sudah membagikan artikel dan terjemahan pasal 7 kitab safinatun najah yaitu tentang niat dan tertib, maka di artikel kali ini saya akan membagikan artikel  dan terjemahan kitab safinatun najah pasal 8 yaitu tentang "AIR".

Baiklah langsung saja kita ke inti dari artikel ini, selamat membaca sahabat blogger.









Terjemahan Kitab Safinatun-Najah (Bab AIR)

                                                      ۞ Air ۞

(فَصْلٌ) : اَلْمَاءُ قَلِيْلٌ وَكَثِيْر ٌ ،  اَلْقَلِيْلُ مَادُوْنَ الْقُلَّتَيْنِ ، وَالْكَثِيْرُ قُلَّتَانِ فَأَكْثَرَ.
اَلْقَلِيْلُ يَتَنَجَّسُ بِوُقُوْعِ النَّجَاسَةِ فِيْهِ وَ اِنْ لَمْ يَتَغَيَّرْ وَالْمَاءُالْكَثِيْرُ لَايَتَنَجَّسُ اِلَّا اِذَا تَغَيَّرَ طَعْمُهُ اَوْلَوْنُهُ اَوْرِيْحُهُ.



(Fashlun) : Almaa'u Qoliilun Wa Katsiirun. Al-Qoliilu Maa Duunal Qullataini , Walkatsiiru Qullataani Fa Aktsara. Al-Qoliilu Yatanajjasu Biwuquu'i An-Najaasati Fiihi Wa In Lam Yataghoyyar Walmaa'u Al-Katsiiru Laa Yatanajjasu Illa Idza Taghoyyara Tho'muhu Aw Lawnuhu Aw Riihuhu.


Terjemahan

Air terbagi dalam dua macam :
1. Air sedikit
2. Air banyak

Air sedikit yaitu air yang belum mencapai 2 kullah. Air banyak yaitu air yang sudah mencapai dua kullah (60 cm X 60 cm X 60 cm) atau setara dengan 245 liter.

Air sedikit itu bisa najis sebab kejatuhan najis, sekalipun tidak berubah rasa , warna , dan baunya. Air banyak itu tidak bisa najis kecuali apabila rasa , warna , dan baunya berubah.


Penjelasan

2 Kullah bila diukur dengan liter yaitu 245 liter kurang lebih , bila diukur wadahnya yaitu 60 cm X 60 cm x 60 cm . Air yang kurang dari 2 kullah menjadi musta'mal bila terciprat air bekas bersuci yaitu bila terciprat air basuhan yang pertama karena basuhan yang pertamalah yang wajib. Adapun bila air itu kurang dari 2 kullah maka lebih baik diambil dengan gayung, jangan dimasukkan dengan tangan (dikobok) .

Wallahua'lam Bisshowab.

Demikian artikel pasal 8 yaitu tentang terjemahan kitab safinatunnajah bab air .
Mudah-mudahan anda dapat memahaminya.


Wassalaamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

DMCA.com Protection Status

1 SHARE 1 KEBAIKAN, Bagikanlah!!

Baca Juga Yang Ini

Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

Adab dalam Berkomentar:

1. Mohon berkomentar dengan baik,sopan,santun dan secara wajar
2. Dilarang berkomentar tentang unsur /sara/promosi/ apapaun yang bertentangan dengan hukum yang berlaku
3. Dilarang menyertakan link aktif

Tidak berkomentar sama sekali itu masih lebih baik, daripada mengucapkan seribu kalimat sampah.

Ucapanmu, Kualitas Dirimu!

Terima Kasih